History

Forum Komunikasi Pelajar Muslim, merupakan organisasi berbasis da’wah yang berdiri di SMA Negeri 1 Balikpapan. Organisasi ini didirikan dengan nama MUIS atau Majelis Ukhuwah Islamiyah Sekolah pada tahun 1987, pembina pertama pada masa itu adalah Ibu Hj. Al Wardah. Ketika itu atas usul Kadepag, MUIS SMA Negeri 1 Balikpapan pernah berubah menjadi MUIS Kotamadya Balikpapan.

Seiring dengan berjalannya waktu dan perubahan zaman, maka dalam Musyawarah Besar MUIS tahun 1997 nama organisasi ini diubah menjadi nama FKPM. Seperti layaknya organisasi lain, tahun-tahun awal pertumbuhan FKPM juga diwarnai berbagai macam rintangan, mulai dari kepengurusan yang belum tertata dengan baik sampai adanya invasi dari luar FKPM sendiri.

Tahun 2001 kepengurusan FKPM mulai merangkak naik dan dikenal banyak orang. Alur kaderisasi mulai dirapikan pada masa itu. Disokong masuknya tarbiyah pada tahun yang sama, Musholla Baitul ‘Ilmi menjadi rahim yang melahirkan generasi-generasi baru FKPM. Generasi pada masa itu merupakan generasi pertama, yang disebut juga generasi pembangun.
Selain merupakan sarana ibadah, musholla ini juga merupakan pusat aktivitas FKPM atau Base Camp-nya FKPM. Misalnya, mentoring, belajar kelompok, majelis ta’lim, mabit, dan lain-lain.

FKPM juga merupakan promotor dari seluruh kegiatan-kegiatan di SMANZA yang bernuansa Islami, seperti PHBI (Peringatan Hari Besar Islam), Pesantren Kilat, Buka Puasa Bersama, dan masih banyak yang lainnya.

Setiap tahunnya, FKPM memiliki sebuah agenda besar, yaitu Muharram Fair. Di dalamnya ada bazaar untuk bakti sosial, selain itu juga ada lomba-lomba, dan yang tidak kalah penting FKPM juga mendatangkan bintang tamu terkenal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s