ISRA’ MI’RAJ

Assalamu’alaykum ikhwan dan ukhti fillah. Apa kabar ? semoga selalu sehat wal’afiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT amin.

Dalam rangka memperingati isra’ mi’raj, kami akan memposting beberapa pengetahuan tentang isra’ mi’raj yang jatuh pada tanggal 27 mei kemarin. Semoga postingan kali ini bermanfaat dan dapat menambah keimanan kita ya.

Apa sih sebenarnya isra’ mi’raj itu ?

Kita sering sekali mendengar kata isra’ mi’raj. Sebenarnya apa sih Isra’ Mi’raj itu ?

Isra’ Mi’raj (bahasa arab : الإسراء والمعراج, al-’Isrā’ wal-Mi‘rāj) adalah bagian kedua dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat islam, karena pada peristiwa inilah beliau mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.

Tapi tahu kah kalian perbedaan antara isra’ dan mi’raj ?

Nah seringkali masyarakat menggabungkan Isra Mi’raj menjadi satu peristiwa yang sama. Padahal sebenarnya Isra dan Mi’raj merupakan dua peristiwa yang berbeda. Dalam Isra, Nabi Muhammad  “diberangkatkan” oleh Allah SWT dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Lalu dalam Mi’raj, Nabi Muhammad SAW “dinaikkan” ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Di sini, Beliau mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan salat lima waktu.

Lalu apa sebenarnya pengaruh dari isra’ mi’raj itu terhadap kehidupan kita sekarang ?

Seperti yang sudah kita bahas tadi, bahwa isra’ mi’raj sendiri adalah suatu perjalanan Nabi Muhammad SAW yang dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha dan diberikan perintah untuk menunaikan salat lima waktu. Jadi bisa kita ambil maknanya, untuk menunaikan salat lima waktu, yang semulanya adalah 50 waktu (mungkin bisa di baca lagi bagaimana ceritanya salat 50 waktu menjadi salat 5 waktu)

 

Nah, dalam rangka memperingati isra’ mi’raj tersebut, sekolah kami mengadakan acara memperingati isra’ mi’raj. Acara ini di adakan pada tanggal 28 Mei 2014. Acara isra’ mi’raj kali ini bertemakan “ISRA’ MI’RAJ SEBAGAI AJANG MENINGKATKAN IBADAH MENUJU INSAN YANG LEBIH BERTAQWA”

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah gambaran bagaimana persiapan kami sebagai panitia, dari sebelum isra’ mi’raj sampai acara selesai.

Nah yang pertama, sebelum mengadakan acara isra’ mi’raj, panitia ikhwan mengadakan mabit (malam bina iman dan taqwa). Bagaimanakah suasana mabit ?

Foto berikut ini adalah foto saat ikhwan lagi membicarakan tentang acara isra’ mi’raj besok. Lihatlah bagaimana ukhuwah mereka, sampai-sampai mereka berada dalam suatu bentuk lampu yang bisa kalian bayangkan sendiri… Mabit ini bisa di gambarkan sebagai salah satu kegiatan bermalam di masjid, yang di lakukan sebelum hari H suatu acara di sekolah. Tujuannya adalah agar panitia (terutama ikhwan) kompak satu sama lainnya dan mempersiapkan segala macamnnya.

Berikutnya, setelah mabit, panitia ikhwan mengadakan salat subuh berjama’ah. Setelah itu, panitia kembali bersama-sama mengecek ulang persiapan untuk isra mi’raj nanti. Diluar prediksi, Allah menurunkan hujan lebat. Tetapi hujan itu tudak mengurungkan niat ikhwan untuk mengecek segala sesuatunya.

Dan alhamdulillah, hujan bukan menjadi suatu alasan siswa smansa untuk hadir dalam acara isra’ mi’raj kali ini. Siswa antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Bisa di lihat dari foto berikut ini, panitia akhwat pun juga tidak kalah semangatnya. Mereka semua bekerja sama untuk membuat acara berjalan dengan lancar meskipun hujan..

1401345561457

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DSC02207

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Acara di awalai dengan membaca basmalah bersama-sama, kemudian sambutan dari Kepala Sekolah SMAN 1 Balikpapan, Bapak Imam.

DSC02213

Dan acara pun di lanjutkan dengan tilawah dari akhi Annas dan akhi Pradit. Subhanallah, siswa khusyu’ mendengarkan tilawah yang dibacakan oleh mereka.

DSC02211

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan ceramah dari ustad, yang membahas tentang isra’ mi’raj. Dan salah satu isinya adalah, peristiwa isra’ mi’raj sudah ada di dalam Al-Qur’an Surah Al-Isra’ dan An-Najm

page

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah menyampaikan ceramahnya, ternyata ada beberapa siswi smansa yang bertanya tentang isi ceramahnya tersebut. Dan setelah tanya jawab dengan ustad, panitia membuat pertanyaan, dan banyak siswa siswi smansa ingin menjawab pertanyaan, tapi hanya beberapa yang terpilih.

ttanya jawab

Acara terakhir diisi oleh promosi dari salah satu bimbingan belajar. Dan ternyata salah satu yang mengisi adalah ustad pengisi acara. Beliau juga ternyata jago dalam hal fisika. Subhanallah.

l

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dan setelah acara selesai, semua panitia membersihkan tempat acara. Dan terakhir siswa dan siswi smansa di persilahkan pulang.

Dan ini lah beberapa foto panitia ikhwan beserta salah satu guru di SMAN 1 Balikpapan

1401344563527

 

 

 

 

 

 

 

1401344565213

 

 

 

 

 

 

 

Itu tadi adalah rangkaian acara isra’ mi’raj di smansa, mudah-mudahan tahun-tahun berikutnya kami bisa lebih banyak mengadakan acara-acara seperti ini lagi. Aamiin

Satu pemikiran pada “ISRA’ MI’RAJ

  1. Tetap semangat buat adek2 AT13 u/ memajukan dakwah di bumi smansa bpn!! \m/😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s