Yuk, Sholat Berjamaah di Masjid !

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Teman-teman, kali ini kita akan membahas tentang pentingnya sholat berjamaah serta fadhilah dan hikmah di balik sholat berjamaah di masjid. Teman-teman pasti udah tau pentingnya ibadah sholat. Ibadah yang satu ini adalah ibadah yang bisa dibilang ibadah utama bagi umat muslim. Bagaimana tidak, ibadah yang satu ini sangat istimewa, karena Allah SWT sendiri yang langsung menyampaikannya kepada Nabi Muhammad SAW melalui peristiwa Isra Mi’raj. Oleh karena itu, jangan sampai kita meninggalkan ibadah yang satu ini, karena sholat merupakan tiang agama, apabila kita meninggalkan sholat, sama saja kita meruntuhkan agama kita. Selain itu Allah juga berfirman dalam Al Qur’an yang berbunyi, “Sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan munkar”. Itu adalah janji Allah SWT bahwa pasti orang yang selalu mengerjakan sholat dengan benar maka ia pasti akan terhindar dari perbuatan keji dan munkar. Oleh karena itu, bagi teman-teman yang ingin selalu terjaga dari berbagai perbuatan-perbuatan “jelek”, maka jangan pernah meninggalkan sholat.

Nah, namun kali ini kita akan menguak rahasia yang lebih luar biasa lagi di balik sholat, yaitu sholat berjamaah di masjid. Yuk, check it out…

“Barang siapa yang mendengar azan, lalu ia tidaj mendatanginya (ke masjid), maka tidak ada sholat baginya.” (HR Ibnu Majah)

“Sholat berjamaah lebih utama dari sholat sendirian dengan 27 derajat.” (HR. Mutaffaq ‘Alaih)

1.         Keutamaan Sholat Berjamaah

Dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya pada hariyang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya : Imam yang adil, pemuda yang tumbuh dalam beribadah kepada Rabbnya, seorang yang hatinyabergantung di masjid-masjid,…………. (HR Bukhari dan Muslim)

2.         Keutamaan Berjalan ke Masjid Untuk Melaksanakan Sholat Berjamaah

  1. Langkah-langkahkaki menuju masjid dicatat. Rasulullah SAW menjelaskanbahwa langkah kaki seorang muslim menuju masjid akan dicatat sebagai pahala.
  2. Para malaikat yang mulia saling berebut untuk mencatat pahalanya.Di antara dalil yang menunjukkan keutamaan berjalan ke masjid untuk menunaikan sholat berjamaahbahwa Allah meninggikan kedudukan langkah-langkah orang yang (berjalan) ke masjid, bahkan para malaikat muqarabbin (yang didekatkan kepada Allah) berebut mencatat pahalanya dan membawanya naik ke langit.
  3. Berjalan menuju sholat berjamaahtermasuk salah satu sebab mendapatkan jaminan berupa kehidupan yang baik dan kematian yang baik pula. Tidak hanya para malaikat yang berebut untuk mencatat amalan berjalan kaki menuju sholat berjamaah, bahkan Allah menjadikan jaminan berupa kehidupan yang baik dan kematian yang baik pula pula.
  4. Berjalan menuju sholat berjamaah termasuk sebab dihapusnya kesalahan-kesalahan dan ditinggikannya derajat. Keutamaan ini juga berlaku untuk seseorang yang melangkah keluar dari masjid. Imam Ahmad meriwayatkan dari Abdullah bin Amr, ia mengatakan, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Barang siapa pergi ke masjiduntuk sholat berjamaah, maka satu langkah akan menghapuskan satu kesalahan dan satu langkah lainnya akan ditulis sebagai satu kebajikan untuknya, baik ketika pergi maupun pulangnya.” (HR. Ahmad)
  5. Pahala orang yang pergi ke masjid dalam keadaan suci (telah berwudhu) untuk melaksanakan sholat berjamaah seperti pahala orang yang melaksanakan haji dan umrah. Imam Ahmad dan Abu Daud meriwayatkan dari Abu Umamah, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa keluar dari rumahnyamenuju masjid dalam keadaan bersuci (telah berwudhu untuk melaksanakan shalat fardhu (berjamaah), maka pahalanya seperti pahala orang yang melaksanakan haji dan ihram.”
  6. Orang yang pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat berjamaah berada dalam jaminan Allah SWT. Imam Abu Daud meriwayatkan dari Abu Umamahdari rasulullah, beliau bersabda, “Ada tiga golongan yang semuanya dijamin oleh Allah, yaitu orang yang pergi berperang di jalan Allah, ia dijamin oleh Allah hingga Dia mewafatkannya lalu memasukkannya ke dalam surga atau mengembalikannya dengan membawa pahala dan ganimah; orang yang pergi ke masjid, ia dijamin oleh Allah hingga Dia mewafatkannya lalu memasukkannya ke dalam surga atau mengembalikannya dengan membawa pahala; dan orang yang masuk ke rumahnya dengan mengucapkan salam, ia dijamin oleh Allah.” (HR. Abu Daud)
  7. Orang yang keluar rumah untuk melaksanakan sholat berjamaah berada dalam sholat hingga kembali ke rumah. Imam Ibnu Khuzaimah meriwayatkan dalam Shahihnya dari Abu Hurairah, ia mengatakan dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Jika salah seorang dari kalian berwudhu di rumahnya, kemudian datang ke masjid, maka ia berada dalam sholat hingga ia kembali.” (HR, Ibnu Khuzaimah, disahihkan oleh Syekh Al-Albani)
  8. Kabar gembira bagi orang-orang yang berjalan di kegelapan untuk sholat berjamaahdengan memperoleh cahaya yang sempurna pada hari kiamat. Imam Ibnu Majah meriwayatkandari Sahl bin Sa’as, Rasulullah SAW bersabda,”Hendaklah orang-orang yang berjalan di kegelapan menuju masjid bergembira dengan (mendapatkan) cahaya yang sempurna pada Hari Kiamat.” (HR. Ibnu Majah)
  9. Allah menyiapkan persinggahan di surga bagi orang yang pergi ke masjid dan pulangnya. Dari Asy-Syaikhan dari Abu Hurairah r.a. dari Nabi SAW, beliau bersabda, “ Barang siapa pergi ke masjid dan pulang (darinya), maka Allah menyiapakan untuknya persinggahan di surga setiap kali pergi dan pulang.” (Muttafaq ‘Alaih, lafaz ini milik Bukhari)

3.         Keutamaan Menunggu Sholat

Orang yang duduk menunggu sholat, ia berada dalam sholat dan para malaikat memohonkan ampunan serta memohonkan rahmat untuknya. Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Salah seorang daari kalian duduk untuk menunggu sholat, ia berada dalam sholat selama belum berhadats, dan para malaikat berdoa untuknya, ‘Ya Allah, berikanlah ampunan kepadanya, ya Allah, rahmatilah ia.’” (HR. Muslim)

Satu pemikiran pada “Yuk, Sholat Berjamaah di Masjid !

  1. Subhanallah…
    adalah suatu keindahan dan keberkahan jika msjd2 dipenuhi dg jamaah yg mlksnkn sholat secara berjamaah…
    sesama jama’ah dpt saling bertegur_sapa, sesama teman, tetangga, saudara bertemu dg orng2 yg mngkn tdk pernah ktmu krn kesibukan masing2…
    sehingga tercipta kerukunan, menghapus budaya individualis yg kini sudah sangat memprihatinkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s