Ukhuwah Islamiyah

Taukah kalian apa itu ukhuwah islamiyah? Ukhuwah Islamiyah adalah persaudaraan yang terbentuk oleh suatu ikatan yang mengalahkan ikatan atas dasar darah dan keturunan, yaitu ikatan hati atas dasar akidah islamiyah, keimanan dan taqwa. Ada 4 hakikat ukhuwah islamiyah, yaitu:

  1. Ukhuwah Islamiyah merupakan nikmat yang diberikan Allah SWT. Hal ini terdapat di Q.S 3:103 “Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan ni’mat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena ni’mat Allah orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk. (QS. 3:103)”
  2. Ukhuwah Islamiyah dapat diumpamakan seperti tali tasbih. Hal ini terdapat di Q.S 43:67 “Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.(QS 43:67)”
  3. Ukhuwah Islamiyah sebagai arahan rabbani. Hal ini terdapat di Q.S 8:63 “Dan Yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman) Walaupun kamu membelanjakan (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS 8:63)”
  4. Ukhuwah Islamiyah adalah cermin kekuatan iman. Hal ini terdapat di Q.S 49:10 “Sesungguhnya orang-orang Mukmin adalah bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua saudara kalian,  dan bertakwalah kalian  kepada Allah supaya kalian  mendapatkan rahmat. (QS 49:10)”

Ada 9 hal yang dapat menguatkan Ukhuwah Islamiyah yaitu… (read more)

2 pemikiran pada “Ukhuwah Islamiyah

  1. subhanallah semoga kita slalu dalam ni’mat ukhuah islamiah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s